sebuah kehidupan dibalik tembok gedung walikota

berawal dari ka diah, sang murobbi tercinta, bercerita tentang kegiatannya setiap selasa sore, berkunjung ke sebuah kawasan bernama kampung lio. letaknya, dibalik gedung walikota sebuah daerah di Indonesia. cukup luas. cukup banyak penghuninya. cukup banyak keprihatinan yang ada.
6 maret 2012,
aku, galuh, dan maya, memutuskan untuk ikut ka diah, mengajar kecil2an disana. awalnya kita harus menyebrang rel, lalu berjalan agak jauh, baru sampailah di tempat. tempatnya kecil. kayak surau-surau gitu. temboknya setengahnya dari anyaman bambu. sekitar 20an anak berkumpul disitu. kita bertiga, yang gatau apa2, awalnya cuman duduk, diam dan memperhatikan, tapi gadisangka, mereka, yang minta untuk berinteraksi dengan kita duluan
ini mereka


ini sebenernya sih pas udah mau pentupan. pas mereka lagi kumpul, fokus, gara-gara mau di kasih snack sama ka diah. mereka itu lucu dan pintar! mereka itu aset bangsa. pengalaman ngajarin mereka itu... aku baru nemu ada anak yang ketagihan minta di bikinin soal sama gurunya. selama ini, aku ngerjain school assignment itu males banget. salut sama mereka.



walaupun mereka itu kadang bandel, gabisa diem, gasabaran banget sebenernya mereka semua itu ngegemesin^^
ada beberapa dari mereka, umur mereka seharusnya udah kelas 1 atau 2 sd, tapi mereka belom sekolah. dan keseharian mereka itu ada yang mengamen, ojek payung, dll. setelah di wawancara sama ka diah, mereka ngamen paling jauh itu ke tanah abang. gosh! ngamen? itu jauh banget aku belom pernah kesana sendirian. paling banter kesana bedua sama mama.
dan walaupun keadaan mereka begitu, tapi mereka itu gak gaptek loh wkwk lucu deh waktu aku ngeluarin hape buat ngambil foto mereka, tapi mereka malah minta pinjem. jadinya mereka yang foto-fotoin semuanya. jadinya hape aku banyakan foto akunya gara-gara mereka-_- wkwk
mungkin aku yang norak, karna jujur, baru sekali aku ke tempat kaya gini, dan aku bener2 langsung terjun untuk ngeliat keadaan disitu. aku baru ngeliat rumah yang bener2 berdempetan sampe gak kena sinar matahari, gang yang bener-bener sempit yang cuma muat satu orang, anak-anak yang lucu kaya mereka, yang inspiratif, yang punya semangat tinggi buat belajar, yang selalu bekerja keras, yang solid satu sama lain..
aku ga pernah nyesel ke tempat itu. aku ga kapok ke situ lagi. kalo aku libur hari selasa lagi aku mau ikut lagi ke situ sama ka diah.
sebuah kehidupan yang sebenarnya
sebagian kecil potret kemirisan bangsa ini

Comments

Post a Comment

Popular Posts