cutie way to manage your time

voila, i'm back!

sudah lama ya sejak terakhir kali aku nulis disini. so, this time i would like to share my opinion about the one we can't live without
for me, ada beberapa hal yang tanpa mereka, tanpa hal-hal ini, hidup kita ga akan berjalan. nah kali ini aku mau bahas salah satunya. satu hal yang dekat dengan kita, namun seringkali kita melupakannya, mengabaikannya, dan tidak menghargainya. satuan yang mengukur sudah berapa lama kita hidup.

waktu

yep. sesuatu yang dekat namun sering kita lupakan, kita abaikan, bahkan tak kita hargai, yaitu waktu. honestly, tulisan ini muncul karena kelalaianku yang belum dapat memanfaatkan waktu dengan baik. jadi, semoga tulisan ini dapat penyemangat bagi diriku dimasa depan untuk menjadi lebih baik lagi, aamiin.
kuliah ini, aku mulai ngerasain, sering banget, nyesel tidur 5 jam dan akhirnya gakbisa ngerjain yang harus dikerjakan, terlambat 1 detik bikin kamu gakbisa dapet matkul sesuai yang kamu inginkan (re: siak war), dan banyak hal lain yang bikin aku berfikir

"every second has a value, ni. Allah needs your responsibility for every second you have spent. so, which worth thing are you going to do, today? are you going to have a flat day for the rest of your life?"

Allah berfirman dalam surat Al-asr ayat1-3,
Demi massa. Sesungguhnya manusia itu benar – banar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

i asked myself, kenapa kita orang-orang yang merugi?
ternyata di ayat ini, Allah menyuruh kita untuk produktif. memanfaatkan waktu dengan beramal saleh dan saling menasehati. kenapa begitu? karena semuanya bakal dipertanggungjawabkan. karena gaada yang tau umur kita sampai kapan. dan, karena hidup kita telah diatur, dan tugas kita sesungguhnya hanya berikhtiar untuk mendapatkan ridho Allah. kalo gitu, gimana sih caranya biar produktif?

isi waktu kita dengan hal-hal yang bermanfaat, definisi bermanfaat yang dimaksud Allah, bisa dilihat pada tafsir Al-asr ayat 1-3 tadi. kadang, 24 jam terasa kurang jika hari-hari kita diisi dengan berbagai kegiatan yang insyaAllah bermanfaat. lalu, bagaimana nih cara kita untuk mengefisiensikan, memaksimalkan 24 jam kita, untuk berkontribusi semaksimal mungkin?

kita dapat memanage waktu yang Allah berikan kepada kita dengan berbagai macam cara. dewasa ini, telah banyak teknologi yang diciptakan untuk memudahkan aktivitas kita, termasuk memudahkan kita untuk mengingat agenda-agenda kita setiap harinya.aku pribadi, karena aku pelupa (hehe), aku butuh banget ada yang ngingetin. tapi gakmungkin kan kita terus menerus mengandalkan orang lain untuk mengingatkan agenda kita?
nah, di era smartphone sekarang ini, para application developer telah banyak mengembangkan berbagai macam aplikasi pengingat, mulai dari pengingat event, tugas, bahkan jadwal kuliah kita.terdapat beberapa aplikasi pengingat yang sering digunakan, seperti aplikasi keluaran google, google calendar; any.do pengingat tugas,to Dos, dan events kita; my study life, aplikasi yang disesuaikan banget sama kehidapan seorang siswa dan mahasiswa; dan satu lagi nih favorit aku..
buat kalian yang suka banget cute appearance dari aplikasi, yang gak tahan sama tampilan kaku, default, gitu-gitu aja
i strongly recommend you this app called SolCalendar
secara fungsi, aplikasi ini mirip sama google calendar, but, SolCalendar ini punya banyak jenis skin yang bisa dipakai,serta menyediakan berbagai ukuran dan tampilan widgets.
selain itu, yang paling bikin gemes, setiap kita isi events or tasks kita, kita bisa menambahkan warna sesuai agenda kita dan juga emoticon lucu-lucu khusus dari SolCalendar (bukan emoticon default dari hp kalian gais).
ini penampakan SoCalendar


so cute, isnt it? nah aplikasi ini bisa di download secara gratis loh di google play atau app store :D


sebenernya masih banyak lagi upaya yang dapat kita lakukan untuk memanage waktu agar kita senantiasa dapat berkontribusi secara maksimal setiap harinya. so, semoga Allah memudahkan langkah kita semua dan ridho terhadap langkah-langkah yang kita ambil serta waktu, masa muda yang kita habiskan setiap harinya.
because, If you don't have time to do it right, when will you have time to do it over? (John Wooden)

bonjour readers! have a nice day!

Comments

Popular Posts